Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Mamuju Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Calon Kades Harus Bisa Terima Kekalahan

  • Oleh Hamdi
  • 12 September 2017 - 18:46 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kapuas - Jelang pilkades serentak yang akan digelar 43 desa di Kabupaten Kapuas, Kapolsek dan Danramil Kapuas Kuala meminta agar calon kades harus siap menerima kekalahan.

Pasalnya, menurut Kapolsek Kapuas Kuala Iptu Juhri Muhammad, pilkades ini rawan terjadi konflik horizontal antar pendukung calon kades. "Diharapkan kepada seluruh Calon Lades sebelum dan setelah pemilihan harus siap kalah," ungkap Juhri saat dihubungi Borneonews melalui sambungan telepon, Selasa (12/9/2017).

Ia melanjutkan, pilkades merupakan proses politik yang rawan karena cakupan wilayahnya kecil dan bersifat lokal. "Sehingga ada potensi besar terjadi gesekan antar kelompok massa masing-masing Kades," katanya.

Oleh karena itu, tegas dia, pelaksanaan Pilkades serentak tersebut harus sesuai dengan tahapan pelaksanaan yang sudah ditetapkan sesuai dengan Permendagri nomor 112 tahun 2013. "Oleh karena itu perlu adanya nota kesepahaman (MoU) dari para calok tetap kepala desa," tambahnya.

Pada akhir rapat tersebut, akhirnya sebanyak 24 orang Kades diwilayah Kecamatan Kapuas Kuala menandatangani MoU sebagai tindak lanjut dari kesepakatan rapat tersebut dan diketahui oleh Tripika Kuala Kapuas. "Intinya kita harapkan Pilkades ini bisa berjalan dengan tertib dan aman," pungkasnya. (HAMDI/B-8)

Berita Terbaru