Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Lombok Utara Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Masyarakat Barito Utara Bisa Ikut Cegah Ilegal Fishing

  • Oleh Ramadani
  • 13 September 2017 - 19:06 WIB

BORNEONEWS, Muara Teweh ' Pemerintah telah membangun pos pengawasan dan pengamanan perikanan di beberapa wilayah, khususnya di perairan Kabupaten Barito Utara.

Pos tersebut tentunya diperuntukkan untuk melakukan pengawasan perairan dari adanya ilegal fishing yang sering terjadi.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan Kabupaten Barito Utara, Iwan Rusdani mengatakan saat ini kebijakan terhadap dinas perikanan telah diambil alih oleh pemerintah provinsi, sehingga untuk pengawasan dan penindakan aktivitas ilegal fishing tidak bisa dilakukan.

'Kami hanya dapat memberikan imbauan kepada masyarakat agar tidak melakukan aktivitas ilegal fishing yang sangat merugikan perairan,' ucapnya.

Untuk itu dia mngimbau kepada masyarakat agar dapat mencegah terjadinya ilegal fishing di wilayahnya. 'Pos yang telah ada dapat dimanfaatkan oleh masyarakat untuk melakukan pengawasan. Karena biasanya pelaku ilegal fihing bukan merupakan warga wilayah perairan yang dijarahnya,' terangnya, Rabu (13/9/2017).

Menurutnya, dengan adanya ilegal fishing tersebut dapat menimbulkan hilangnya ekosisten ikan, karena mematikan benih dan anak ikan. Untuk itu, diharapkan kepada warga agar dapat menjaga perairannya dari ilegal fishing. (RAMADHANI/B-6)

Berita Terbaru