Jumat, 22 September 2017
 

 
Kapuas
 

Keluarga Berencana

Peserta KB Pria di Kapuas Masih Rendah

 
 
Sekertaria Daerah Kabupaten Kapuas Rianova,SH membuka secara langsung sosialiasasi partisipasi pria dalam program Keluarga Berencana di gedung Wanita Lawang Kameloh.

Sekertaria Daerah Kabupaten Kapuas Rianova,SH membuka secara langsung sosialiasasi partisipasi pria dalam program Keluarga Berencana di gedung Wanita Lawang Kameloh.

Borneonews / Djimmy Napoleon


BORNEONEWS, Kuala Kapuas - Jumlah peserta KB pria atau vasektomi masih rendah di Kabupaten Kapuas. Hal itu disampaikan Bupati Kapuas Ben Brahim S Bahat dalam sambutan tertulisnya yang disampaikan oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Rianova pada pembukaan kegiatan sosialisasi peningkatan partisipasi pria dalam program keluarga berencana (KB) dan kesehatan reproduksi di Gedung Lawang Kemeluh, Rabu (13/9/2017).

“Di Kabupaten Kapuas untuk partisipasi kaum pria untuk mengikuti program keluarga berencana masih rendah, hal ini dikarenakan masih minimnya pengetahuan kita tentang KB pria khususnya vasektomi,” terang dia.

Ia melanjutkan kesehatan merupakan hak asasi manusia dan salah satu unsur kesejahteraan yang harus diwujudkan sesuai dengan cita-cita bangsa Indonesia. Salah satu masalah yang menonjol pada saat ini yakni rendahnya partisipasi pria dalam pelaksanaan program keluarga berencana baik dalam praktik KB, mendukung isteri dalam penggunaan alat kontrasepsi sebagai motivator atau promotor dan merencanakan jumlah anak. "Dari data yang ada jumlah kepesertaan pria dalam ber-KB khususnya vasektoomi tahun 2016 hanya sebanyak 161 orang dari target 790 orang," terang dia.

Bupati juga berpesan kepada seluruh peserta sosialisasi agar mengikuti kegiatan tersebut, karena kegiatan itu sangat penting untuk mengetahui dalam rangka mensukseskan program keluarga berencana.

Di tempat yang sama, Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anaka Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kabupaten Kapuas dr. Adelina Yunus, menjelaskan bahwa kaum pria memegang peren penting dalam keluarga.

“Peningkatan partisipasi pria terhadap program Keluarga Berencana dan kesehatan reproduksi akan meningkatkan kesehatan kepada isteri dan anak,” ungkapnya.

Beberapa narasumber dalam pelaksanaan sosialisasi tersebut dari BKKBN Provinsi Kalimantan Tengah, Tim Penggerak PKK Kabupaten Kapuas, IBI Kabupaten Kapuas dan dari Kementerian Agama Kabupaten Kapuas. (DJIMMY NAPOLEON/B-8)

BERITA POPULER

Pembakaran Sekolah

Tenaga Kontrak

Pegawai Negeri Sipil

Tahun Baru Islam

Pilkades Serentak 2017

Facebook

 
UCAPAN SELAMAT LAINNYA
To Top