Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Warga di Daerah Rawan Bencana Harus Proaktif Usulkan Relokasi

  • 14 September 2017 - 09:30 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kurun - Bupati Gunung Mas Arton S Dohong mengingatkan masyarakat yang tinggal di daerah rawan bencana, terutama banjir, supaya proaktif mengusulkan untuk direlokasi ke derah yang aman. Pasalnya, bila sering terjadi bencana bisa berakibat kurang baik bagi masyarakat.

"Untuk mengusulkan relokasi. Itu harus dilakukan oleh masyarakat dengan melengkapi berbagai syarat yang ditetapkan Kementerian Sosial," kata Bupati saat peletakan batu pertama relokasi Desa Tumbang Lampahung, Kecamatan Kurun, Rabu (13/9/2017).

Menurut dia, saat ini ada beberapa desa dan kelurahan di Gumas yang rawan bencana banjir. Seperti Kelurahan Tampang Tumbang Anjir, Desa Sare Rangan, dan lainnya. Untuk usulan 'bedol desa' masyarakat harus membuat peryataan siap direlokasi, menyediakan lahan, serta legalitas lahan, dan syarat lainnya.

"Pemerintah Kabupaten Gunung Mas siap memfasilitasi usulan dari masyarakat di daerah rawan bencana yang ingin direlokasi," ucapnya.

Pada kesempatan itu, Bupati berharap program relokasi di Desa Tumbang Lampahung dan Desa Tumbang Bunut yang dilakukan tahun ini terlaksana dengan baik dan sukses. (EPRA SENTOSA/B-3)

Berita Terbaru