Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Ponorogo Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Bunge Ltd Akuisisi 70 Persen Saham IOI Loders

  • Oleh Nedelya Ramadhani
  • 14 September 2017 - 11:36 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Perusahaan perdagangan biji-bijian dan agribisnis yang berbasis di Amerika Serikat, Bunge Ltd., tengah menyiapkan rencana pembelian perusahaan kelapa sawit asal Malaysia, IOI Loders Croklaan.

Dalam pernyataan tertulisnya, Selasa (12/9), Bunge mengatakan pihaknya akan mengakuisisi 70 persen saham di IOI Loders senilai $946 juta atau setara Rp12,49 triliun.

Adapun aksi korporasi itu dinilai sejumlah analis sebagai upaya untuk diversifikasi bisnis seiring dengan melambatnya kinerja keuangan mereka.

Saham Bunge melorot 5,9 persen menjadi $71,30 setelah pengumuman rencana akuisisi IOI Loders Croklaan. Untuk akuisisi tersebut, Bunge mendapatkan fasilitas kredit senilai $900 juta.

Kesepakatan akuisisi tersebut terjadi dua bulan setelah Bunge mengumumkan program pemangkasan biaya untuk mengatasi menurunnya laba.

Untuk diketahui, Bunge dan para pelaku bisnis biji-bijian global lainnya, termasuk Archer Daniels Midland (ADM) dan Cargill, telah berupaya mencari cara untuk melakukan diversifikasi bisnis dan meningkatkan marjin laba menyusul harga jagung dan kedelai yang tertekan dalam sekitar empat tahun terakhir.

Pada Agustus lalu, Bunge mengatakan laba kuartalan anjlok 34 persen. Perusahaan yang sahamnya tercatat di Bursa Saham New York ini memiliki lebih dari 35.000 karyawan di 400 fasilitas yang tersebar di 40 negara. (NEDELYA RAMADHANI/m)

Berita Terbaru