Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Blora Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Taymur Akan Jalani Rehabilitasi di Nyaru Menteng Minimal Tujuh Tahun

  • Oleh Budi Yulianto
  • 15 September 2017 - 11:46 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Taymur, orangutan jantan berusia 3 tahun yang dibawa dari Jakarta setelah diselamatkan di Kuwait, kini sudah sampai di Yayasan Borneo Orangutan Survival Foundation (BOSF) Nyaru Menteng, Kota Palangka Raya.

"Taymur sudah sampai di Nyaru Menteng. Nanti akan menjalani proses rehabilitasi selama minimal tujuh tahun, " kata Humas BOS Nyaru Menteng, Monterado Fridman, Jumat (15/9/2017).

Ia menuturkan, Taymur merupakan orangutan hasil repatriasi ke tujuh yang direhabilitasi di Nyaru Menteng sejak 2015 . Di sisi lain, Taymur merupakan korban dari maraknya perdagangan ilegal satwa. "Dan hal ini harus kita perangi bersama," ungkapnya.

Taymur diduga menjadi korban perdagangan gelap yang diselundupkan ke Negara Kuwait. Kemudian berhasil dipulangkan ke Tanah Air berkat kerja sama Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan dengan Kementerian Luar Negeri.

Taymur kemudian direpatriasi oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) melalui Direktorat Jendral Konservasi Sumber Daya Alam dan Ekosistem (KSDAE), Kementerian Luar Negeri, dalam hal ini Kedutaan Besar Republik Indonesia di Kuwait, Kebun Binatang Kuwait, serta Yayasan Borneo Orangutan Survival (BOS). (BUDI YULIANTO/B-3)

Berita Terbaru