Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Ketapang Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Aktivitas Pelayaran Kapal di Kuala Pembuang Makin Sepi

  • Oleh Parnen
  • 15 September 2017 - 12:40 WIB

BORNEONEWS, Kuala Pembuang ' Sejauh ini aktivitas pelayaran kapal dari Pulau Jawa ke Kuala Pembuang makin sepi. Hal itu gelombang laut baik di perairan Seruyan ataupun Laut Jawa tinggi sehingga menghambat kelancaran arus pelayaran kapal barang.

"Rata-rata sekarang tiap bulan jumlah kapal yang berlayar baik dari Kuala Pembuang ke Pulau Jawa atau sebaliknya hanya sekitar 10 hingga 11 kapal saja. Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, yang jumlahnya mencapai hampir 30 an kapal yang berangkat," kata Plh Kelaikan Kapal Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kuala Pembuang, Abdullah di kantornya, Jumat (19/9/2017).

Saat ini saja, lanjut dia, sudah seminggu lebih aktivitas pelayaran kapal tak bisa dilakukan karena besarnya gelombang laut dengan ketinggian mencapai 2'2,5 meter. Sehingga pihaknya tidak berani mengeluarkan surat izin berlayar (SIB).

"Gelombang di perairan Laut Jawa yang merupakan alur pelintasan kapal ' kapal barang dari Kuala Pembuang, saat ini mencapai ketinggian 2-3 meter. Berdasarkan data prakiraan cuaca dari Badan Metereologi Klimatologi dan Giofisika (BMKG) Maritim, ketinggian gelombang di perairan laut Jawa bagian utara berkisar antara 2 meter sampai 3 meter. Sedangkan ketinggian gelombang di pesisir pantai bagian Kalimantan berkisar antara 1 meter hingga 2,5 meter," jelasnya.

Abdullah menambahkan, dengan adanya prakiraan cuaca dari BMKG Maritim yang tiap hari rutin diakses, tingkat kecelakaan di laut sudah menurun jika dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya. Karena dengan adanya data informasi tersebut, kapal-kapal yang hendak berangkat dapat melihat kondisi cuaca apakah bisa berangkat atau tidak. (PARNEN/B-2)

Berita Terbaru