Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Situbondo Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pembangunan Drainase Utama Solusi Jitu untuk Permasalahan Banjir

  • Oleh Testi Priscilla
  • 15 September 2017 - 15:00 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Pembangunan drainase utama atau makro saluran utama (primer) dinilai sebagai solusi jitu untuk mengatasi permasalahan banjir yang kerap terjadi di sejumlah titik kawasan Kota Palangka Raya.

"Sekarang sudah ada ketentuan Kementerian Pekerjaaan Umum dan Perumahan Rakyat dalam hal ini Direktorat Jenderal Sumber Daya Air terkait perencanaan drainase. Kementerian saat ini terutama melalui Satuan Kerja (Satker) Balai Wilayah Sungai Kalimantan, telah mengambil kebijakan langsung untuk turun tangan membantu perencanaan pembangunan drainase utama di Kota Palangka Raya," ungkap Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Palangka Raya Hera Nugrahayu, Jumat (15/9/2017).

Menurut Hera, fokus dari program pemerintah membangun drainase induk di Kota Palangka Raya adalah upaya menemukan solusi untuk mengatasi banjir. "Namun terlepas dari itu, soal hak masyarakat yang tersentuh oleh pekerjaaan proyek besar itu juga jangan sampai terabaikan," katanya.

Hera mengatakan, pihaknya telah menggelar sejumlah rapat dan pertemuan demi memantapkan perencanaan pembangunan drainase utama yang sejak lama telah dikoordinasikan oleh pemerintah kota.

"Tetapi demi memuluskan pekerjaan pembangunan, maka perlu sinkronisasi dan sinergitas bersama, terutama dengan masyarakat. Kita berharap masyarakat mendukung program ini sehingga di lapangan tidak ada gontok-gontokan antara pemerintah dan masyarakat dan cita-cita akan terciptanya drainase induk ini bisa tercapai dengan baik," tutupnya. (TESTI PRISCILLA/B-2)

Berita Terbaru