Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Sapi Bali Rentan Terkena Virus Jembrana

  • 15 September 2017 - 20:26 WIB

BORNEONEWS,Kuala Kapuas ' Dinas Pertanian kabupaten Kapuas melalui Bidang Perternakan melakukan vaksinasi Jembrana untuk Sapi Bali. Pasalnya, jenis sapi ini rentan terkena virus Jembrana. Akibat paparan virus ini, daya tahan sapi menurun bahkan bisa berakibat kematian.

Kepala Bidang (Kabid) Peternakan Hery melalui Kasi Kesehatan Hewan (Keswan) drh. Anik ariswandani memgatakan, saat ini pihaknya menargetkan pemberian vaksin Jembrana pada Sapi Bali di empat kecamatan yaitu Kecamatan Bataguh, Tamban Catur, Kapuas Murung dan Mantangai.

"Kita sudah memberikan vaksinasi kepada sapi di kecamatan Kapuas Murung dan rencana berlanjut ke Mantangai,Bataguh dan Tamban Catur dan setiap tahun kami lagukan kegiatan vaksinasi," kata Anik saat ditemui Borneonews di kantornya, Jumat(15/9/2017).

Ia menjelaskan virus ini hanya menyerang satu jenis sapi saja, yaitu jenis Sapi Bali. Penularannya melalui gigitan nyamuk atau lalat. Bisanya masa inkubasi virus tersebut antara 4-12 hari. "Ciri sapi yang terjangkit virus jembrana gejalanya sapi deman tinggi, nafsu makan menurun, keluar bercak darah dari pori-pori kulit sehingga apabila nyamuk menggigit sapi tersebut maka akan cepat menular pada sapi lainnya," terangnya.

Anik menambahkan, biasanya virus tersebut dibawa oleh sapi dari luar daerah. Sehingga, apabila ada Sapi Bali yang baru datang diwajibkan ikut karantina selama 6 bulan. "Biasanya sapi yang baru datang membawa virus jembrana terutama jenis Sapi Bali dan perlu dikarantina dan pengobatan selama 6 bulan dan perlu diperhatikan juga kandangnya harus bersih," pungkasnya. (DJIMMY NAPOLEON/B-8)

Berita Terbaru