Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Kaimana Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Status Polda Kalteng Diusulkan Jadi Tipe A

  • Oleh Budi Yulianto
  • 15 September 2017 - 19:30 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Status Kepolisian Daerah (Polda) Kalimantan Tengah (Kalteng) diusulkan menjadi tipe A. Sinyal untuk dilakukan penilaian tentang kelayakan sudah mulai terlihat pada Jumat (15/9/2017). Ini dibuktikan dengan kedatangan Asisten Perencanaan dan Anggaran (Asrena) Kapolri, Irjen Pol Bambang Sunar Wibowo.

"Kedatangan kami kesini dalam rangka melakukan statistik kelayakan atas usulan dari Polda Kalteng, untuk dinaikkan tipenya dari B menjadi A," kata Bambang didampingi Kapolda Kalteng, Brigadir Jenderal Anang Revandoko usai meresmikan gedung Polres Palangka Raya.

Dia menuturkan, saat ini pihaknya masih melakukan studi kelayakan. Bambang tidak bisa memastikan apakah usulan tersebut bisa diterima. Yang jelas, kata dia, pihaknya sudah mengantongi beberapa data sebagai bahan analisis.

Menurutnya, hal yang perlu diperhatikan dalam kenaikan tipe itu yakni peningkatan reformasi birokrasi dan pelayanan kepada masyarakat. "Yang paling utama adalah bagaimana meningkatkan kualitas kerja Polda dan jajaran. Juga pelayanan publik. Nanti akan kita dievaluasi," ungkapnya.

Apabila usulan tersebut nantinya disetujui, maka otomatis, pangkat Kapolda Kalteng bukan lagi Brigadir Jenderal. "Dengan kenaikan tipe A, tentu kepangkatan dari para pejabat dan eselonnya menyesuaikan. Jadi kalau saat ini kapoldanya berpangkat Brigjen, maka menjadi Irjen atau bintang II," pungkas Bambang. (BUDI YULIANTO/B-5)

Berita Terbaru