Software Manajemen Relawan Pilkada 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Monyet Berulah Lagi, Jaringan Listrik Sistem Pangkalan Bun Padam Total

  • Oleh Wahyu Krida
  • 18 September 2017 - 10:10 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Setelah lama tidak terdengar aksinya, kawanan monyet kembali membuat ulah dengan naik jaringan kabel listrik hingga kesetrum. Akibatnya, aliran listrik Senin (18/9/2017) sekitar pukul 7.08 WIB di Pangkalan Bun Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) dan sekitarnya mengalami black out atau padam total.

Manager Rayon PLN Pangkalan Bun Drie Alsi Laksana kepada Borneonews menjelaskan terkait peristiwa tersebut. "Karena monyet tersebut tersetrum saat naik jaringan kabel interkoneksi PLTD Kumai - PLTU Kumai sehingga aliran listrik di jaringan tersebut otomatis terputus. Saat ini kami usahakan maksimal untuk kembali menormalkan jaringan listrik," jelasnya.

Karena jaringan listrik putus mendadak, lanjutnya, untuk menormalkan kembali aliran listrik tidak bisa serta merta.

"Saat ini petugas kamu sedang melepas beban pemutus jaringan dan trafo. Setelah pembangkit listrik dinyatakan siap, kami masukkan beban yang dilepas tadi bertahap satu per satu. Untuk itu diperlukan waktu pelaksanaan karena pemutus dan trafonya tersebar di berbagai tempat," jelas Drie.

Selain itu, beban listrik yang boleh masuk juga diperhatikan. "Beban listrik yang diperbolehkan masuk dibagi per tahap yakni 300 hingga 500 kW dan tidak boleh lebih, karena nanti memengaruhi kinerja mesin," jelasnya. (WAHYU KRIDA/B-2)

Berita Terbaru