Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Sumba Timur Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Jangan Manfaatkan Kebutuhan Kayu Lokal untuk Bisnis Pengiriman ke Luar Daerah

  • Oleh Naco
  • 18 September 2017 - 13:10 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Ketua Asosiasi pengkalan kayu lokal (Aspangkal) Kabupaten Korawaringin Timur, M Sopian meminta jangan ada oknum yang memanfaatkan kebutuhan kayu lokal untuk bisnis pengiriman kayu ke luar daerah.

Karena selama ini menurutnya, ada oknum yang sering memanfaatkan kayu lokal, namun faktanya banyak kayu dari Kotim justru dikirim ke luar seperti Kalimantan Selatan dan ke pulau Jawa.

"Semacam inilah yang kami tidak inginkan, kebutuhan untuk lokal kecil sementara justru yang dikirim ke luar yang banyak, mereka selalu memanfaatkan kayu lokal," kata Sopian, Senin (18/9/2017)

Lanjut Sopian, sebagian besar mereka yang mengirim kayu ke luar daerah mengantongi dokumen. Namun jika dirunut, asal muasal kayu sama halnya dengan kayu yang ada di Aspangkal.

Mereka menilai, ada perlakuan khusus terhadap pengiriman kayu lokal ke luar. "Inilah yang menjadi tanda tanya kita," kata Sopian.

Mereka ingin ada kejelasan seperti apa kebutuhan untuk kayu lokal, agar tidak ada lagi pemanfaatan kayu lokal untuk bisnis pengiriman ke luar daerah, yang berdampak merugikan masyarakat banyak. (NACO/B-2)

Berita Terbaru