Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Bulungan Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

ASN Eselon IV Harus Lebih Tajam daripada Pimpinannya

  • Oleh Testi Priscilla
  • 18 September 2017 - 15:58 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Sebagai aparatur sipil negara (ASN) tingkat eselon IV, maka haruslah lebih tajam daripada pimpinannya.

Penilaian ini memang wajar dilakukan karena menurut Wali Kota Palangka Raya, Riban Satia, aparatur eselon IV tentu lebih mengetahui dan berkutat di lapangan.

"Kalau bicara masalah kependudukan misalnya, tentu aparatur eselon IV akan memiliki sistem dalam mengampu data. Bagaimana bagaimana mengetahui pergerakan penduduk, apa aja yang harus disiapkan, aparatur eselon IV pasti dan harusnya memiliki kemampuan itu," ungkap Riban Satia, Senin (18/9/2017).

Selain itu bagaimana tata ruang, hingga pelayanan fasilitas yang ada untuk disiapkan harusnya dikuasai oleh aparatur eselon IV.

"Tentu kita sadari bahwa tugas dan tantangan yang dihadapi sebagai aparatur negara tidaklah ringan. Untuk itu dituntut kualitas serta semangat pengabdian tinggi. Di samping kemampuan yang mumpuni, seorang aparatur juga dituntut bersikap dan berperilaku baik kepada masyarakat. Kemampuan itu menjadi alat ukur dalam menjalankan tugas sebagai aparatur negara," tutupnya. (TESTI PRISCILLA/B-6)

Berita Terbaru