Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Nabire Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Banyak Induk Orangutan yang Dibunuh untuk Tangkap Anaknya

  • Oleh Muhammad Hamim
  • 18 September 2017 - 19:42 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Hingga saat ini kasus penemuan anak orangutan di pemukiman masyarakat masih sering terjadi. Bahkan sudah banyak juga yang diserahkan ke Badan Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Pos Jaga Sampit.

Hal itupun, menandakan bahwa banyak juga induk orangutan yang tewas dan diduga kuat sengaja dibunuh.

Ha tersebut diungkapkan Komandan BKSDA Sampit Muriansyah, di mana diduga kuat bahwa banyak induk orangutan yang sengaja dibunuh. Karena induk orangutan tidak akan melepas anaknya pada umur satu hingga tujuh tahun.

"Induk orangutan tidak akan melepas anaknya, kalau masih belum berumur tujuh tahun. Sehingga kalau memang ada yang mengatakan bahwa di menemukan anak orangutan yang tersesat dan ditinggal induknya, maka kemungkinan besar hewan tersebut dibunuh," ujar Muriansyah, Senin (18/9/2017).

Menurutnya, induk orangutan tidak akan melepas anaknya lima menit sekalipun, kalau masih berumur satu hingga tiga tahun. Hal itu dikarenakan mereka tidak ingin terjadi apa-apa dengan anaknya, sperti serangan hewan lain yang bisa mengancam nyawa anaknya.

"Dia akan melepas anaknya tersebut setelah berumur 7 tahun lebih. Hal itu dilakukan untuk melatih sang anak mandiri dan tidak bergantung pada dirinya," terang Muriansyah.

Sementara, saat ini masih banyak ditemukan anak orangutan yang terlepas dari induknya di kebun ataupun sekitar pemukiman warga. Sehingga ada indikasi bahwa induknya tersebut dibunuh. Sehingga anaknya terlepas dan tersesat di sekitar pemukiman masyarakat. (MUHAMMAD HAMIM/B-5)

Berita Terbaru