Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Buton Utara Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Anggota DPR RI Sebut Nasionalisme Masyarakat Mulai Luntur

  • Oleh Testi Priscilla
  • 18 September 2017 - 23:20 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Anggota DPR RI Komisi IX, Hang Ali Saputra Syah Pahan, menyebut rasa nasionalisme masyarakat saat ini sudah mulai luntur.

"Masyarakat mengalami kemunduran dalam rasa nasionalisme. Pancasila seolah terabaikan dan ini bisa sangat mengancam keutuhan NKRI," ungkapnya saat Sosialisasi Empat Pilar Kebangsaan (Pancasila, Undang-Undang Dasar 1945, Negara Kesauan Republik Indonesia, dan Bhineka Tunggal Ika) di Aula Kelurahan Bukit Tunggal, Kecamatan Jekan Raya, Kota Palangka Raya, Senin (18/9/2017).

Hang Ali mengatakan bahwa bukan tidak mungkin tergerusnya rasa nasionalisme masyarakat bakal mengancam keutuhan NKRI.

"Karena itu kita lakukan sosialisasi. Bahkan presiden pun sudah membuat tim yang pengawas kebhinekaan. Dengan sosialisasi kali ini kita berharap kepada RT/RW yang menjadi bawah (ujung tombak) mampu menyampaikannya kepada masyarakat. Sebab mereka inilah yang memang dekat dengan masyarakat," kata anggota DPR RI dari daerah pemilihan Kalimantan Tengah ini.

Hang Ali menyebut bahwa ancaman tersebut bisa dilihat melalui pemberitaan yang berkembang di media saat ini. Sedikit saja gejolak akan cepat berkembang dengan tren pemberitaan.

"Media juga menjadi salah satu faktor penting dalam pemberitaan. Sebab perkembangan akan cepat sampai ke masyarakat dengan banyaknya kemudahan dalam mendapatkan informasi saat ini," katanya. (TESTI PRISCILLA/B-3)

Berita Terbaru