Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Nias Utara Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pengidap HIV/AIDS di Kalteng Meningkat, KPA Gelar Rakor

  • Oleh M. Muchlas Roziqin
  • 19 September 2017 - 10:26 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Sejumlah instansi dilibatkan dalam Rapat Koordinasi (Rakor) Penanggulangan HIV/AIDS Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng). Ini karena tren penaikan angka pengidap penyakit mematikan itu kian meresahkan di provinsi ini.

Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) Kalteng mencatat jumlah pengidap dari tahun ke tahun bukannya malah menurun seiring kinerja KPA dan komunitas, pekerja sosial, serta LSM peduli AIDS yang terus berupaya menurunkan angka penderita.

"Dari tahun ke tahun selalu menunjukkan kenaikan angka penderita HIV/AIDS. Data per Desember 2016 mencapai 925 orang," kata Sekretaris KPA Kalteng, Rusini Anggen saat Rakor di Aula Hotel Dandang Tingang Palangka Raya, Selasa (19/9/2017).

Rakor ini mengundang Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Kalteng dan dinkes kabupaten/kota, serta komunitas dan LSM yang berkecimpung masalah AIDS.

Kenapa Selama ini perjalanan dalam upaya penanggulangan kurang singkron. Terkesan berjalan sendiri dan parahnya saling tumpang tindih antara KPA dan Dinkes.

"Karena itu perlu diluruskan. KPA dimana dan Dinkes dimana, agar tidak tumpang tindih. Tolok ukur kinerja juga harus ditegaskan," kata Kepala Dinkes Kalteng, Supraatija Budi.

Rakor sehari tini dibuka Wakil Gubernur Kalteng Habib Said Ismail. Dia menekankan agar pencegahan penyebaran gencar dilakukan, bila perlu bongkar semua lokalisasi prostitusi. (ROZIQIN/B-6)

Berita Terbaru