Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Soal Air Sungai Katingan Keruh Pekat Bercampur Lumpur, Ini Kata Pejabat Katingan

  • Oleh Abdul Gofur
  • 19 September 2017 - 15:30 WIB

BORNEONEWS, Kasongan - Kepala Bagian (Kabag) Sumberdaya Alam (SDA) Setda Katingan Karya Darma mengaku hingga saat ini pihaknya belum tahu secara pasti penyebab mengapa air Sungai Katingan keruh pekat bercampur lumpur lima hari lalu itu.

"Kalau penyebab pastinya saya sendiri sampai sekarang belum tahu persis, sebab yang turun ke lapangan kemarin dari pihak Dinas Lingkungan Hidup dan dari Dinas PU Katingan," sebut Karya Darma kepada borneonews.co.id di Kantor Bupati Katingan, Selasa (19/9/2017).

Namun dari informasi yang ia peroleh bahwa penyebab keruhnya air Sungai Katingan lima hari yang lalu itu lantaran ada bukit di wilayah Kecamatan Petak Malai yang longsor.

"Infonya Bukit Belah di areal PT Gaung Kecamatan Petak Malai yang longsor, sehingga longsoran itu terbawa arus hingga sampai ke Sungai Katingan bagian hilir," sebutnya.

Akhir-akhir ini, imbuh Karya Darma curah hujan di wilayah Katingan terutama bagian hulu/Utara dinilai sudah melebihi batas kewajaran.

Akibatnya selain bukit juga sejumlah wilayah ataran tinggi juga longsor. "Namun yang pastinya kita masih menunggu pihak Dinas LH dan PU, sebab sampai saat ini belum ada laporan resminya ke pa Bupati," imbuh Karya Darma. (ABDUL GOFUR/B-5)

Berita Terbaru