Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Kab. Semarang Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

GAPKI Dukung Tata Kelola Perkebunan Sawit Berkelanjutan

  • Oleh Nedelya Ramadhani
  • 19 September 2017 - 17:00 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Gabungan Pengusaha Kelapa Sawit Indonesia (GAPKI) menyatakan dengan sumbangan devisa mencapai US$18,50 miliar setiap tahunnya, maka kelapa sawit merupakan subsektor strategis bagi Indonesia.

"Apalagi, subsektor kelapa sawit juga menyerap lebih dari 5 juta tenaga kerja dan mendorong pertumbuhan ekonomi wilayah-wilayah pinggiran. Karena itu, kami setuju tata kelola perkebunan kelapa sawit harus berkelanjutan," Ketua Umum GAPKI, Joko Supriyono, di Jakarta.

Selama ini, menurut Joko, negara-negara di Uni Eropa dan Amerika menyoroti tata kelola perkebunan kelapa sawit di Indonesia.

"Di sisi lain, permintaan minyak sawit dari kedua wilayah tersebut terus meningkat. Pada semester I tahun ini, ekspor ke Uni Eropa 2,7 juta ton atau meningkat 42% dari periode yang sama tahun lalu," papar dia.

Sedangkan produksi minyak sawit nasional sepanjang tahun ini mencapai 36 juta ton, atau lebih tinggi dari perkiraan semula yang hanya 35 juta ton. Kondisi cuaca yang mendukung menjadi pemicu utama membaiknya produksi minyak sawit 2017.

Pada semester I tahun ini, produksi komoditas perkebunan tersebut telah mencapai 21 juta ton. (NEDELYA RAMADHANI/m)

Berita Terbaru