Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Belu Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Konflik Lahan Berkepanjangan Masih Terjadi di Kotim

  • Oleh Naco
  • 19 September 2017 - 21:00 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Ketua Komisi II DPRD Kotawaringin Timur, Rudianur menyebut permasalahan panjang sengketa lahan di daerah ini masih terjadi. Pemkab pun diminta untuk segera menyelesaikannya.

"Konflik lahan antara warga dengan perusahaa hingga pelanggaran di luar HGU itu kami lihat di Kotim seakan tidak bisa diselesaikan," kata Rudianur, Selasa (19/9/2017).

Rudianur mendorong pemkab bisa bekerja lebih keras lagi untuk menertibkan perusahaan-perushaan nakal. Sehingga tidak semakin menambah masalah lahan di Kotim.

"Kalau tidak kita selesaikan, kapan selesainya. Muncul masalah baru, yang ada saja belum selesai," kata Rudianur.

Dia menyebutkan, sengketa lahan terjadi karena tidak selektifnya pemkab sejak awal. Imbasnya, saat muncul masalah seperti sekarang ini banyak yang saling lempar tanggungjawab.

"Seharusnya hal semacam ini tidak terjadi, makanya sering terjadi tindak pencurian sawit dan lain sebagainya. Muaranya karena masalah lahan ini," pungkas Rudianur.

Pemerintah juga diminta tidak lagi dengan mudah menerbitkan izin terutama untuk perkebunan baru, karena saat ini mulai banyak perusahaan yang bermunculan. Setelah ditelusuri pemiliknya orang luar semua. Sehingga perlu diteliti legalitasnya. (NACO/B-11)

Berita Terbaru