Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Kotawaringin Timur Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

40 Koperasi di Kapuas Bakal Dibubarkan

  • 19 September 2017 - 23:16 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kapuas ' Sebanyak 40 koperasi di Kabupaten Kapuas sudah dianggap tidak aktif menjalankan kegiatan. Akibatnya, Kementerian Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah berencana membubarkan 40 koperasi itu.

Rencana pembubaran 40 koperasi itu disampaikan Kabid Koperasi dan UKM pada Dinas Perdagangan Perindustrian Koperasi Usaha Kecil Menengah (Disperidagkop dan UKM) Kabupaten Kapuas Roostam Efendi mewakili kepala dinas, Selasa (19/9/2017).

Ia mengaku, sudah menerima surat keputusan dari Kementerian Koperasi terkait bakal dibubarkannya 40 dari 427 koperasi yang ada di Kabupaten Kapuas tersebut.

'Sejak 2016, 40 koperasi ini tidak pernah melaporkan kegiatan mereka. Seperti tidak pernah melaksanakan rapat anggota tahunan (RAT). Padahal kami sudah menyurati pihak koperasi agar melaksanakan yang sudah menjadi ketentuan,' ungkap Roostam.

Atas dasar itu, Disperidagkop dan UKM melaporkan 40 koperasi tersebut ke Kementerian Koperasi. Selanjutnya pihak kementerianlah yang memutuskan membubaran 40 koperasi itu. 'Jadi yang punya wewenang melakukan pembubaran adalah pihak kementerian berdasarkan hasil laporan yang kami sampaikan,' sebutnya.

Namun, lanjut Roostam, keputusan itu belum final. Pihaknya masih memberikan kesempatan kepada 40 koperasi itu untuk menunjukkan keberatan mereka. 'Kami sudah menyiapkan format surat keberatan. Silakan pihak koperasi menyampaikan keberatannya atas pembubaran yang akan dilakukan oleh kementerian. Dasar keberataan dari pihak koperasi ini kami sampaikan lagi ke kementerian apakah koperasi ini perlu dibubarkan apa tidak," tegasnya.

Tapi, hingga saat ini belum ada satupun koperasi yang menyampaikan keberatan. 'Batas waktu yang diberikan untuk melakukan keberatan akhir Desember 2017. Apabila tidak ada keberatan dari pihak koperasi-koperasi itu, secara sah koperasi tersebut dibubarkan,' pungkas Roostam. (DJIMMY NAPOLEON/B-3)

Berita Terbaru