Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Gunung Kidul Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Dinas ESDM Sidak ke Gundang Zirkon

  • Oleh Wahyudi Hendra
  • 19 September 2017 - 23:46 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Instruksi Gibernur Kalteng H Sugianto Sabran terkait pengawasan Izin Usaha Pertambangan (IUP) dalam rangka penyelamatan Pendapatan Asli Daerah (PAD) dan Sumber Daya Alam (SDA) terus dilakukan di wilayah Kalteng. Salah satunya digalakkan Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Provinsi Kalteng.

Berbagai upaya dilakukan pihak Dinas ESDM Provinsi Kalteng, di antaranya melakukan inspeksi mendadak (sidak) hasil tambang. Seperti pada Selasa (19/9) dini hari, sekitar pukul 00.45 WIB, sidak dilakukan di sebuah gudang yang diduga menjadi tempat pabrik pasir zirkon atau puya. Lokasinya berada di wilayah Desa Sungai Rangit, Kelurahan Kumai Hulu, Kecamatan Kumai, Kotawaringin Barat (Kobar).

Tim yang langsung dipimpin Kepala Dinas ESDM, Ermal Subhan tersebut, langsung mendatangi ke lokasi untuk melihat isi pabrik tersebut. Tim kemudian melakukan pengecekan terhadap sejumlah izin dan dokumen mengenai SDA tersebut.

Namun, masih belum diketahui siapa pemilik pabrik tersebut. Pihak ESDM masih melakukan pendalaman dan pemeriksaan di lokasi. Nantinya akan dikoordinasikan dengan Polda Kalteng.

"Memang benar ada sidak di sebuah gudang atau pabrik yang diduga pabrik zirkon. Kami masih melakukan pemeriksaan awal dulu, baik mengenai dokumen, izin dan pemiliknya. Kalau nantinya ada ditemukan pelanggaran, tentu akan diserahkan kepada pihak Kepolisian dalam hal ini Polda Kalteng," jawab Ermal Subhan saat dikonfirmasi PPost (grup Borneonews) melalui telepon, tadi malam.

Diungkapkan, di dalam gudang tersebut, pihak ESDM melakukan pengecekan terhadap ratusan karung yang diduga berisi zircon, yang sudah siap dibawa atau dikirim.

Ermal dan jajarannya juga melakukan pengecekan isi pabrik beserta berbagai kelengkapannya. Termasuk sejumlah dokumen yang ada. "Masih kami lakukan pemeriksaan. Nanti apabila ada perkembangan, tentu akan kami sampaikan," ucap Ermal. (WAHYUDI HENDRA/B-3)


TAGS:

Berita Terbaru