Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Serdang Bedagai Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

PLP2B Penting Untuk Diketahui Petani

  • 20 September 2017 - 21:56 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kapuas - Perlindungan Lahan Pertanian Pangan Berkelanjutan (PLP2B) sangat penting untuk diketahui petani di Kabupaten Kapuas. Hal itu ditegaskan oleh Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Kapuas Anjono Bhakti Djoedir pada saat pemaparan PLP2B di Aula Bappeda, Rabu (20/9/2017).

"PLP2B nantinya memberikan hak dan kewajiban bagi petani harus bagaimana, sebab Kapuas merupakan lumbung pangan bagi Kalteng," kata Anjono Bhakti Djoedir.

Ia melanjutkan tahapan selanjutnya usai PLP2B, kawasan-kawasan pertanian akan diinventarisasi. Sehingga, insentif pemerintah pusat yang didapat petani tanaman pangan lebih jelas. "Nantinya sudah di tetap seluruh lahan pertanian di Kabupaten Kapuas kita bisa minta bantuan ke kementan baik,dari segi penganggaran, insentif berupa alat pertanian mau pun produksi," terangnya.

Ia berharap dengan adanya PLP2B ini pemerintah pusat bisa membantu dari anggaran untuk pemetaan, audit lahan pertanian. Sehingga lahan pertanian tidak lagi dialihfungsikan menjadi pemukiman, perkebunan atau fungsi lainnya.

"Kita sangat berharap sekali jangan sampai lahan pertanian di Kapuas akan habis dengan adanya kebijakan pusat terutama untuk (alihfungsi) perkebunan kelapa sawit," tegas dia. (DJIMMY NAPOLEON/B-8)

Berita Terbaru