Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Kotawaringin Timur Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Penyalahgunaan Obat PCC Rentan Terjadi Pada Remaja

  • Oleh Testi Priscilla
  • 22 September 2017 - 12:46 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Penyalahgunaan obat PCC (paracetamol, caffeine, dan carisoprodol) yang baru-baru ini menghebohkan masyarakat, rentan terjadi di kalangan remaja.

"Mencoba hal baru memang identik dengan remaja. Tidak jarang mereka juga mencoba pil koplo seperti tablet PCC, somadril, dan tramadol," ungkap Sekretaris Komisi C DPRD Kota Palangka Raya, Mukarramah, Jumat (22/9/2017).

Menurut dia, Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) telah menyatakan keprihatinan terhadap permasalahan tersebut, khususnya yang terjadi di Kendari di mana ada korban jiwa dan masuk rumah sakit setelah mengonsumsi obat yang mencantumkan tulisan PCC.

"Obat tersebut juga dikabarkan sudah menyebar ke sejumlah wilayah di Indonesia, tidak menutup kemungkinan 'Kota Cantik'. Makanya kita merasa khawatir juga kalau-kalau kejadian ini juga akan terjadi pada remaja di kota ini," tambau Politisi Nasdem ini.

Karena itu, ia mengimbau semua pihak mewaspadai penggunaan PCC dan obat lainnya. Pemerintah Kota Palangka Raya, khususnya instansi terkait dan aparat pegak hukum,  harus menindak tegas para pengedar. (TESTI PRISCILLA/B-3)

Berita Terbaru