Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Kab. Blitar Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Masyarakat Sukamara Diimbau Segera Lengkapi Data Kependudukan

  • Oleh Norhasanah
  • 22 September 2017 - 14:26 WIB

BORNEONEWS, Sukamara - Kepala Dinas Kependudukan, Pencatatan Sipil dan Keluarga Berencana (Disdukcapil dan KB) Sukamara, Gusti Usman Effendi menghimbau kepada seluruh masyarakat untuk segera melengkapi data kependudukan, mengingat pelayanan yang diberikan tidak dipungut biaya.

"Dalam pengurusan Kartu Tanda Penduduk (KTP), Kartu Identitas Anak (KIA), Kartu Keluarga (KK), Akta Kelahiran dan data kependudukan lainnya kita tidak mengenakan biaya, semuanya gratis." ujar Gusti Usman Effendi saat ditemui Borneonews di kantornya, Jumat (22/9/2017).

Menurut Gusti, dalam memberikan pelayanan pihakanya sudah melakukan semaksimal mungkin dengan memberikan kemudahan dalam proses pengurusan data kependudukan. "Dengan kemudahan yang ada, maka diharapkan masyarakat kita bisa melengkapi data kependudukannya." pintanya.

Sebelumnya, Kepala Disdukcapil dan KB Sukamara mengatakan bahwa partisipasi masyarakat KIA masih kurang, hal tersebut dilihat dari jumlah peserta yang mengajukan permohonan ke Kantor Pelayanan Administrasi Kependudukan Sukamara. "Sejak kita membuka pelayanan pembuatan KIA, masyarakat yang datang untuk membuat kartu identitas tersebut masih sedikit," ucapnya.

Ia melanjutkan, rendahnya partisipasi masyarakat dalam mengurus identitas anak disebabkan beberapa faktor, salah satunya kurangnya promosi atau sosialisasi kemasyarakat tentang pentingnya KIA bagi anak.

"Kita akui untuk promosi memenang kurang, sehingga kedepan kita akan sosialisasikan hal ini baik melalui media cetak, media ekeltronik dan cara-cara lainnya." kata Gusti Usman Effendi. (NORHASANAH/B-8)

Berita Terbaru