Aplikasi Pilwali (Pemilihan Walikota) Kota Tomohon Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pemerintah Dinilai Terlalu Cuek terkait Persoalan Rotan

  • Oleh Naco
  • 22 September 2017 - 20:52 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Ketua Asosiasi Pengusaha Rotan (Aspero) Kabupaten Kotawaringin Timur, Dadang H Syamsu menyebut adanya penyelundupan rotan ke luar negeri yang terjadi belakangan ini, akibat tidak ada perhatian pemerintah selama ini.

"Adanya aksi penyelundupan itu karena pemerintah daerah dan pusat dalam masalah rotan beberapa tahun terakhir ini memang terlalu cuek," kata Dadang, Jumat (22/9/2017).

Pemerintah dinilai terlalu menyepelekan urusan petani rotan. "Saya bukannya membela pelanggaran yang dilakukan penyelundup itu, tetapi karena memang tekanan ekonomi," ujar Dadang.

Dia mengakui belakangan ini harga rotan cukup membaik, terlepas apakah itu permintaan kian meningkat hingga terjadinya penaikan harga. Atau justru karena ada celah permainan melalui jalur tikus untuk dikirim ke luar negeri.

Bahkan menurut Dadang saat ia bertemu petani rotan rata-rata mereka sangat menyambut baik perbaikan harga ini. Mereka tidak memikir arah pengembangan rotan, asal harganya terjamin dan bisa membiayai kehidupan.

Jauh dari sebelumnya, harga rotan sangat anjok bahkan sebagian petani rotan ada yang sudah pasrah, bahkan tidak sedikit beralih dari pertanian rotan menjadi perkebunan kelapa sawit.(NACO)


TAGS:

Berita Terbaru