Aplikasi Pilwali (Pemilihan Walikota) Kota Bitung Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Hadiri Aksi Bersama Restorasi Gambut, Ini Kegiatan Gubernur Kalteng

  • Oleh M. Muchlas Roziqin
  • 22 September 2017 - 19:26 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Gubernur Kalimantan Tengah (Kalteng) Sugianto Sabran turut hadiri launching 'Aksi Kerja Bersama Restorasi Gambut Menuju Kalteng Berkah' Jumat (22/9/2017). Kegiatan di Desa Tanjung Taruna, Kabupaten Pulang Pisau ini mengagendakan beberapa kegiatan dan kesepakatan yang ditandatangani para pihak.

Tiba di desa tersebut sekira pukul 14.00 WIB, Gubernur Kalteng disambut acara adat Dayak sebagai ciri khas menghormati tamu antara lain potong pantan dan tari-tarian. Beberapa pihak dari luar daerah memang hadir dalam kegiatan launching tersebut.

Sugianto pun berkesampatan memotong tali penutup baliho ukuran raksasa 'Aksi Kerja Bersama' sebagai tanda resminya kegiatan Restorasi Gambut dan sekaligus launching pos komando (Posko) Siaga enam desadi Pulang Pisau. Berikutnya, gubernur menyaksikan penandatanganan piagam kesepakatan.

Selain itu, Sugianto Sabran menyerahkan secara simbolis sarana pembasahan gambut dan poster kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) kepada masyarakat peduli api (MPA). Penyerahan ini diikuti Kepala Staf Kepresidenan, Kepala BRG, dan empat bupati di Kalteng yang hadir.

Kabupaten yang mendapat sarana-prasarana ini adalah MPA dari Kabupaten Pulang Pisau, Kapuas, Katingan, dan Barito Selatan. Empat kabupaten tersebut dinilai perlu waspada ancaman Karhutla di kawasan gambut karena luasan gambut di kabupaten tersebut. Selanjutnya, Gubernur, Bupati dan Anggota Komisi IV DPR RI Dapil Kalteng, Hamdhani berkesempatan menyaksikan demo pembahasan gambut oleh MPA.

Hadir dalam Launching tersebut adalah Kepala BRG Nazir Foead beserta Deputi 2 BRG Alue Dohong dan Deputi 4 BRG Mirna Safitri, Direktur Lingkungan pada Bappenas, Medril, dan Kepala Staf Kepresidenan, Dubes Kerajaan Norwegia, Vegard Kaals. Sedangkan Dubes dari Kerajaan Inggris, Moazzam Malik batal hadir dan diwakilkan Ida Suryani, selaku Program Manajer Kedubes Inggris di Indonesia. (ROZIQIN/B-11)

Berita Terbaru