Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Klaten Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Lomba Baca Kitab Kuning Langkah Kaderisasi Ulama

  • Oleh Testi Priscilla
  • 22 September 2017 - 22:32 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Palangka Raya didaulat menjadi tuan rumah pelaksanaan Musabaqah Qiraatil Kutub (MQK) atau lomba membaca kitab kuning tingkat Provinsi Kalteng tahun 2017 yang akan dimulai pada 30 September 2017 mendatang.

Kepala Bidang Pendidikan Agama dan Keagamaan Islam Kanwil Kemenag Kalteng, Mahli mengatakan tujuan pelaksanaan lomba tersebut salah satunya demi mengasah kemampuan para santri dalam membaca, memahami dan mengungkapkan isi kandungan kitab kuning secara komprehensif.

"Selain itu, MQK juga digelar sebagai proses kaderisasi ulama serta ajang silaturahmi antar pondok pesantren di Bumi Tambun Bungai ini," kata Mahli, Jumat (22/9/2017).

MQK kali ini bertajuk "Dari Pesantren untuk Penguatan Karakter dan Kepribadian Bangsa". Terdiri dari tiga tingkatan yakni Marhalah Ula, Wustho dan 'Ulya dengan beberapa cabang seperti fiqih, nahwu, akhlak, tarikh, tauhid, tafsir, hadis dan ushul fiqih.

"Dalam lomba ini, aspek penilaian didasarkan pada kelancaran membaca, kebenaran membaca dan pemahaman makna. Masing-masing peserta diberikan waktu 10 menit untuk diuji," katanya. (TESTI PRISCILLA/B-11)

Berita Terbaru