Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Gowa Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Plt Sekda Kalteng Jadi Inspektur Hari Agraria di BPN

  • Oleh M. Muchlas Roziqin
  • 25 September 2017 - 12:16 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Pelaksana Tugas (Plt) Sektretaris Daerah Kalimantan Tengah Mugeni menjadi inspektur upacara Hari Agraria Nasional dan Hari Ulang Tahun Undang-Undang Pokok Agraria (UUPA) yang ke-57, Senin (25/9/2017). Ia menggantikan Gubernur Kalteng yang tidak bisa hadir.

Upacara yang digelar di halaman Kantor Wilayah Badan Pertanahan Nasional (BPN)  Kalteng itu dihadiri sejumlah kepala satuan organisasi perangkat daerah (SOPD).

Dalam pidatonya, Mugeni meminta BPN menuntaskan masalah agraria. Dan hal itu harus menjadi fokus kinerja BPN khususnya di Kalteng.

"Semoga di Hari Agraria ini memantapkan penyelesaian masalah agraria di Kalteng. Kita punya Perda tentang pengakuan atas hak adat beserta tahapan-tahapannya, tetapi masalah tanah adat masih belum clear sehingga perlu upaya serius. Semoga segera terselesaikan dengan baik," ungkapnya.

Sementara itu, Kepala BPN Kalteng Ida Aniyati, menuturkan bahwa sertifikasi tanah dan penataan tata ruang ialah untuk kesejahteraan, sesuai tema HUT Agraria.

Namun, ia mengakui untuk penyelesaian target sertifikasi lahan di Kalteng tidak mencapai target.

"Dari total target se-provinsi, hanya sekitar 20% yang sudah terselesaikan sertifikatnya karena ada beberapa kendala di lapangan," sebut dia. (ROZIQIN/B-3)

Berita Terbaru