Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Dinkes Bentuk Tim untuk Memberikan Pelayanan Kesehatan Warga Desa Terpencil dan Perbatasan

  • 25 September 2017 - 16:00 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kapuas ' Warga desa terpencil di Kabupaten Kapuas tetap mendapatkan pelayanan kesehatan. Meskipun, fasilitas kesehatan di daerah terpencil masih terbatas.

Kasubbag Kepegawaian Umum dan Hukum Dinkes Kapuas Masran mengatakan, pelayanan kesehatan ke daerah terpencil tersebut merupakan tindak lanjut instruksi Bupati Ben Brahim. Bupati menginstruksikan agar membentuk tim untuk memberikan pelayanan kesehatan bagi masyarakat di desa terpencil dan perbatasan.

Tim terdiri dari tenaga kesehatan melibatkan dokter, bidang promosi kesehatan, bidang kesehatan lingkungan dan Pusling setempat. "Tim kami lengkap, melibatkan Puskesmas selaku pemilik wilayah yang biasanya disebut Puskemas Keliling (Pusling). Pelayanan kesehatan dilakukan secara bergerak (mobile)," Masran selaku ketua tim, Senin (25/9/2017).

Tujuan dari tim ini, lanjut Masran, memberikan pelayanan kesehatan secara gratis kepada masyarakat di desa terpencil dan perbatasan yang jarang mendapat pelayanan kesehatan. Walaupun ada Pusling, pelayanan kesehatan yang diberikan sangat terbatas.

"Dengan tim ini kita bisa langsung berhadapan dengan measyarakat memberikan pengobatan secara gratis sekaligus memberikan sosialiasi kepada warga dan edukasi promosi kesehatan melalui penyuluhan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS)," ungkapnya.

Menurut Masran, masih ada warga Desa Masuparia yang mengonsumsi air tanpa dimasak. Sehingga berdampak pada kualiatas produktif kelayakan hidup masyarakat.

"Mereka mengonsumsi air bersih secara langsung tanpa dimasak. Kami sarankan untuk dimasak, warga mengatakan tidak enak kalau dimasak lebih enak kalau diminum langsung," pungkasnya. (DJUMMY NAPOLEON/B-2)

Berita Terbaru