Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Wonogiri Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Basis IT Hindarkan Tindakan Curang dan Pungli

  • Oleh Norhasanah
  • 25 September 2017 - 16:20 WIB

BORNEONEWS, Sukamara - Kapolres Sukamara AKBP Rade Mangaraja Sinambela mengatakan, kegiatan dengan basis Information and Technology (IT) yang saat ini dilaksanakan jajarannya menghindarkan tindakan curang dan pungutan liar (pungli).

"Jika semuanya sudah berbasis teknologi, semuanya sudah online tentunya kegiatan-kegiatan maupun tindakan-tindakan negatif itu bisa dihindari," ujar AKBP Rade M Sinabela, Senin (25/9/2017).

Menurut Rade, Saat ini Polres Sukamara sudah melaksanakan Tilang Online, dimana masyarakat yang ditilang bisa langsung menyetor kenomor rekening yang ditujukan, sehingga tidak ada transaksi langsung antara masyarakat dan anggota kepolisian.

"Untuk tilang online ini apalikasinya sudah dibuat dengan baik, dengan dijalankannya kegiatan ini dapat menghindarkan adanya percaloan," terangnya.

Kapolres menerangkan, saat ini dalam proses IT masih terkendala beberapa hal, salah satunya dalah jaringan mengingat tidam semua wilayah di Kabupaten Sukamara memiliki jaringan yang baik, sebab semua jaringan harus terkoneksi.

"Namun untuk teknisnya kita sudah menjalin kerjasama dengan stake holder yang ada disini, baik itu dengan pihak bank, Jasaraharja, dan yang membidangi lalu lintas. Terjalinnya kerjasama ini maka dapat terkoneksi dengan baik demi pelayanan kepada masyarakat," ucap Rade. (NORHASANAH/B-5)

Berita Terbaru