Aplikasi Pilgub (Pemilihan Gubernur) Propinsi Sulawesi Tengah Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

PBS di Kotim Diminta Ikut Perbaiki Jalan Rusak

  • Oleh Naco
  • 25 September 2017 - 16:46 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Ketua Fraksi Partai Demokrat DPRD Kotawaringin Timur, H Dani Rakhman mendesak agar pemerintah kabupaten mewajibkan seluruh perkebunan besar swasta (PBS) melakukan pemeliharaan jalan disekitar kawasan investasinya.

"Salah satu upaya yang dilakukan dengan melakukan pemeliharaan secara rutin, mengingat kondisi jalan di pedalaman sangat jauh dari harapan kita saat ini, maka dari itu kalau kita berpatok dengan anggaran daerah ini tidak mungkin," kata Rakhman, Senin (25/9/2017).

Untuk itu dia mendorong agar eksekutif bisa memberikan penegasan kepada PBS untuk memelihara jalan khususnya di daerah pedalaman, karena perusahaan juga menggunakan jalan itu sama dengan masyarakat

"Kondisi jalan dari Kecamatan Parenggean menuju ke Antang Kalang memang memprihatinkan. Apalagi saat musim hujan antrian kendaraan bahkan berjam-jam. Sedangkan kendaraan yang melewatinya bukan angkutan milik warga saja, kebanyakan angkutan CPO dari perusahaan juga," tegasnya.

Justru akibat angkutan besar perusahaan itu menurutnya yang lebih mempercepat kerusakan jalan selama ini. Dari itu suatu kewajiban bagi PBS untuk berkontribusi, paling tidak melakukan pemeliharaan jalan.

Deden sapaan akrab pria ini menyebutkan, Jika jalan yang rusak itu sekitar 50 kilo meter, maka tinggal dibagi saja kepada perkebunan yang aktif. "Urusan status jalan jangan jadi soal, kalau ada bantuan dan siap mengapa harus dipersulit," tegasnya.

Apalagi seperti diketahui selama ini perkebunan yang paling banyak berada di wilayah utara Kotim, sehingga masalah jalan rusak tidak selalu menjadi keluhan bagi masyarakat. (NACO/B-6)

Berita Terbaru