Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Banyak Tanah Masyarakat Kategori Hutan, Alasan Lain Minimnya Sertifikasi Lahan

  • Oleh M. Muchlas Roziqin
  • 26 September 2017 - 07:40 WIB

BORNEOENEWS, Palangka Raya ' Kepala Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kantor Wilayah (Kanwil) Kalteng Ida Aniyati mengatakan masalah kawasan menjadi ganjalan target sertifikasi lahan masyarakat yang menjadi tugas pihaknya.

Hal ini pararel dengan yang dihadapi pemerintah provinsi ini dalam menyelesaikan rencana tata ruang wilayah provinsi (RTRWP). Kebanyakan, kata Ida, lahan masyarakat yang dimohonkan ataupun yang sudah diusahakan, masuk kawasan hutan.

'Masih banyak kendalanya dalam sertifikasi tanah, sebab tanah-tanah yang dikuasai masyarakat ini masih banyak yang masuk kawasan hutan. Mudah-mudahan harapan kita bisa mencapai target walaupun ini memang penuh perjuangan,' kata Ida kepada Borneonews, Selasa (26/9/2017).

Sampai saat ini, lanjutnya, yang sudah terbit sertipikat 15 ribu, dari target 88.250 lembar sertipikat tercetak pada 2017 atau 17 persen saja. Sedangkan lainnya masih dalam proses. Ini adalah pendaftaran tanah sistematis lengkap (PTSL) atau yang dulu dikenal dengan istilah Prona

Ia juga mengungkap kendala lain yang melingkupi, yaitu yang terbesar adalah orang yang menguasai tanah itu tidak berada di lokasi tanahnya sehingga ketika petugas mau mengukur, mencari siapa yang pemilik tanah sangat susah. (ROZIQIN/B-5)

Berita Terbaru