Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Pemalang Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Guru Punya Peran Strategis Tanamkan Pendidikan Karakter

  • Oleh Testi Priscilla
  • 26 September 2017 - 19:12 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Guru dianggap punya peran yang strategis dalam menanamkan pendidikan karakter terhadap anak-anak. Seperti diketahui, waktu anak di sekolah cukup banyak terlebih pendidikan memang dasarnya ada di sekolah dengan para guru sebagai pamongnya.

"Guru memiliki peran yang strategis dalam menanamkan kepada anak didiknya mengenai budi pekerti luhur, nilai kesopanan, dan saling menghargai antarsesama. Karena itu kami selalu memberikan dorongan agar guru menerapkan Kurikulum 2013 (K-13) dalam pembelajaran," kata Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Kalimantan Tengah, Slamet Winaryo, Selasa (26/9/2017).

Menurut Slamet, akhir-akhir ini karakter anak semakin luntur, rasa hormat terhadap orang tua dan guru semakin sirna. Hal ini sangat memprihatinkan sehingga pihaknya mengharapkan sekolah memadukan pola pendidikan karakter dalam setiap mata pelajaran demi membentuk karakter siswa melalui kegiatan belajar mengajar.

"Guru harus memberi bekal kepada anak didik mengenai karakter agar kelak mereka menjadi pribadi yang baik. Sekolah dan keluarga juga harus saling bersinergi untuk mendukung program pemerintah, dengan turut memberi penanaman budi pekerti. Menjadi tugas orang tua untuk menanamkan pendidikan karakter di rumah," tutupnya. (TESTI PRISCILLA/B-11)

Berita Terbaru