Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Mojokerto Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pengembangan Destinasi Wisata Kapuas Harus Dibarengi SDM Handal

  • 26 September 2017 - 20:46 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kapuas ' Pengembangan destinasi (daerah tujuan-red) wisata di Kabupaten Kapuas harus dibarengi dengan Sumber Daya Manusia (SDM) yang handal. Yakni, SDM yang cerdas, kreatif, terampil dan mampu menggali serta mengelola potensi wisata Kabupaten Kapuas sebagai aset yang berguna bagi masyarakat dan bisa menambah Pendapatan Asli Daerah (PAD).

Demikian disampaikan Kepala Dinas Pemuda Olahraga, Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Kapuas Tatang Lesmana saat membuka kegiatan pembinaan Sumber Daya Manusia (SDM) pada 40 orang pelaku usaha pariwisata di Gedung Kesenian Gandang Garantung, Jalan A Yani Kuala Kapuas, Selasa (26/9/2017).

"Dalam menghadapi masyarakat Ekonomi Asean (MEA) tentu persaingan bebas terbuka negara-negara Asean dalam mempromosikan objek wisata unggulannya,tentu ini menjadi perhatian bagi kita semua dalam mempersiapkan daerah kita agar tidak kalah saing untuk menarik wisatawan asing maupun domestik," terang dia.

Ia melanjutkan kunjungan wisatawan tentu berpengaruh pada pertumbuhan ekonomi daerah dan kesejahteraan masyarakatnya. Sehingga, potensi wisata Kabupaten Kapuas harus digali dan dikembangkan. Salah satunya, aneka ragam budaya yang unik seperti upacara adat laluhan, mozaik gereja yang hanya ada 2 saja di dunia yakni di Mandomai, Kapuas Barat dan Jerman.

"Kesenian daerah tarian,alat musik tradisional,seni tutur karungut yang telah di akui UNESCO sebagai warisan dunia.Kerajinan kerajinan getah nyatu yang sudah ada pangsa pasar di Asia dan Eropa dan kerajinan rotan yag sudah juara tingkat nasional," imbuh dia.

Selain itu, lanjut dia, Kapuas punya potensi wisata alam yang tidak kalah menarik, seperti air tenjun di Desa Masuparia, Danau Hitam, Pulau Bagantung di Mantangai, agrowisata Desa Pulau Telo dan banyak objek wisata lainnya.

"Semua itu perlu SDM yang handal, saya berharap peserta yang mengikuti pelatihan ini bisa mengikuti dengan sungguh-sungguh, agar ilmunya bisa berguna bagi perkembangan pariwisata di daerah kita," pungkas dia. (DJIMMY NAPOLEON/B-8)

Berita Terbaru