Aplikasi Pilgub (Pemilihan Gubernur) Propinsi Kalimantan Tengah Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

KPP Pratama Muara Teweh Gelar Seminar Business Development Services

  • Oleh Ramadani
  • 27 September 2017 - 18:20 WIB

BORNEONEWS, Muara Teweh ' Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Muara Teweh menggelar seminar Business Development Services di Gedung Balai Antang, Muara Teweh, Rabu (2/9/2017). Kegiatan itu dibuka Sekda Barito Utara Jainal Abidin.

Kegiatan tersebut bertujuan untuk pembinaan dan peningkatan usaha kecil dan menengah (UKM) yang ada di Kabupaten Barito Utara.

Sekda Jainal yang membacakan sambutan Bupati mengatakan, UKM sebagai bagian integral ekonomi rakyat merupakan penggerak perekonomian Indonesia. UKM mempunyai kedudukan, peran, serta potensi strategis untuk mewujudkan struktur perekonomian nasional agar semakin seimbang, berkembang, dan berkeadialan.

'Seperti yang telah kita ketahui bersama, Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2008 telah mengamanatkan bahwa pemberdayaan UKM perlu diselenggarakan secara menyeluruh, optimal, dan berkesinambungan, melalui pengembangan iklim yang kondusif, dukungan, perlindungan pemberian kesempatan berusaha seluas-luasnya, sehingga mampu meningkatkan kedudukan, peran dan potensi UKM dalam mewujudkan pertumbuhan ekonomi,' kata Sekda.

Pemerintah Kabupaten Barito Utara melalui Peraturan Daerah Nomor 7 Tahun 2014 memandang bahwa koperasi, usaha mikro, kecil, dan menengah sebagai pelaku usaha yang memiliki arti penting dan strategis dalam menopang ketahanan ekonomi masyarakat serta sebaga wahana penciptaan lapangan kerja.

'Sehingga para pelaku usaha ini harus ditangani secara serius dengan pemberdayaan dalam bidang sumber daya manusia (SDM), berkemampuan, permodalan, profesional dalam manajemen, memiliki jiwa kewirausahaan, dan mampu berkompetisi,' sebutnya.

Seminar Business Development Services ini, kata dia, merupakan salah satu program nasional yang digagas Direktorat Jenderal Pajak di seluruh wilayah Indonesia. Hal ini merupakan sebuah bentuk kepedulian agar peran pengusaha UKM dapat lebih maju dan nantinya bisa memberikan dampak kepada pertumbuhan ekonomi yang pada akhirnya dapat memberikan dampak positif kepada penerimaan pajak dan juga sektor perbankan. (RAMADANI/B-3)

Berita Terbaru