Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Tana Tidung Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

KPU Gunung Mas Bakal Gelar Bimbingan Teknis untuk Partai Politik

  • 29 September 2017 - 09:40 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kurun- Ketua Komisi Pemilihan Umum Gunung Mas (KPU Gumas) Stepenson menyampaikan, pada 2 Oktober 2017, pihaknya bakal menggelar bimbingan teknis (bimtek) untuk partai politik (parpol) yang terdaftar di wilayah Kabupaten Gunung Mas. Bimtek itu dalam rangka persiapan pemilihan umum 2019 mendatang.

"Tujuan bimtek dalam rangka menghadapi pendaftaran dan verifikasi partai politik. Sesuai dengan arahan KPI RI perlu kita lakukan bimtek," ungkap Stepenson di ruang kerjanya, Kamis (28/9/2017).

Dia mengharapkan, dalam bimtek tersebut, pengurus parpol yang terdaftar di Gumas bisa hadir. Saat ini ada 15 parpol yang terdaftar di Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Gumas. "Informasi yang kita dapat ada tiga partai politik tambahan selain yang 12 partai politik peserta pemilu 2014," terang dia.

Dia melanjutkan, dalam bimtek nanti pihak KPU memberikan penjelasan terkait dokumen-dokumen yang harus dilengkapi parpol. Bila ada kesalahan maupun kekurangan, maka pihak KPU Gumas siap membantu memperbaiki. Mengingat, tugas KPU adalah melayani partai politik dalam memenuhi syarat dan ketentuan sesuai aturan, untuk mengikuti pemilu.

"Kita menyosialisasikan kepada partai politik. KPU hanya pembuktian saja. Artinya dokumen-dokumen yang diisi partai politik itu diserahkan ke KPU dan KPU membuktikan pada saat verifikasi nanti," terang dia.

Dia menambahkan, dalam bimtek pihaknya menjelaskan tata cara pengisian formulir sesuai format yang disiapkan sehingga operator parpol tinggal mengisi saja. Setelah itu, diserahkan ke KPU dan di cek. "Bila tidak sesuai, kita berikan waktu untuk perbaikan. Kita membangun kepercayaan bahwa KPU itu betul-betul melayani," pungkasnya. (EPRA SENTOSA/B-2)

Berita Terbaru