Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Anggota Dewan Ini Minta Pemkab Segera Tangani Sengketa Pilkades

  • 29 September 2017 - 18:20 WIB

BORNEONEWS,Kuala Kapuas ' Anggota DPRD Kabupaten Kapuas Habibi meminta Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kapuas segera menangani sengketa pemilihan kepala desa (Pilkades). Hal itu diungkapkan Habibi saat menerima pengaduan warga di ruang Fraksi PAN, DPRD Kapuas, Jumat (29/9/2017).

"Kita selaku wakil rakyat mengapresiasi warga yang datang mengadu ke DPRD. Selaku wakil mereka, saya berupaya membantu agar sengketa ini jangan sampai menimbulkan perpecahan antara yang menang dan yang kalah," kata Habibi.

Situasi seperti ini, lanjut dia, harus segara ditanggulangi oleh Pemkab Kapuas melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) dan camat. Yakni dengan segera mengakomodir semua permasalahan sengketa hasil pilkades yang terjadi di Desa Lahei, Kecamatan Mantangai.

"Saya minta agar pihak terkait untuk segara turun ke lapangan terkait kebenaran tersebut agar jangan sampai terjadi gejolak di antara pendukung yang menang dan kalah," tegas dia.

Politisi PAN ini juga menambahkan Sesuai dengan Perbub, jika ada peserta yang terbukti melakukan money politic (politik uang), maka peserta tersebut akan didiskualifikasi. Sedangkan apabila terjadi permasalahan pada Daftar Pemilih Tetap (DPT) maka akan digelar pemilihan ulang.

"Kita berharap, yang kalah mendapatkan jawaban dan puas (dengan jawaban itu). Sedangkan yang menang juga mendapatkan jawaban. Sehingga tidak terjadi gejolak di masyarakat. Kepala Desa yang memang harus menggandeng semua pihak untuk membangun desa lebih baik lagi," tegas dia. (DJIMMY NAPOLEON/B-8)

Berita Terbaru