Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Mamuju Tengah Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Ratusan Pelajar dan Masyarakat Nobar Film G30S/PKI di Buntok

  • Oleh Uriutu
  • 30 September 2017 - 22:02 WIB

BORNEONEWS, Buntok ' Ratusan siswa SMA, veteran dan tokoh masyarakat menyesaki gedung Jaro Pirarahan untuk mengikuti nonton bareng (Nobar) film G30S/PKI yang digelar oleh Kodim 1012. Sabtu (30/9/2017).

Dandim 1012/ Buntok, Letkol Inf Didik Purwanto mengatakan, tujuan pemutaran film G30S/PKI ini mengenalkan sejarah yang pernah terjadi di Indonesia.

'Kita tidak ingin para pelajar dan masyarakat melupakan sejarah. Namun harus dipahami agar kita dapat mencegah peristiwa kelam itu terulang kembali,' kata Didik Purwanto.

Menurutnya, acara nobar ini mengedapankan untuk menanamkan rasa kebangsaan dan antisipasi radikalisme kepada masyarakat khususnya di Barito Selatan. Kegiatan nobar ini merupakan instruksi langsung Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo

Antisipasi masyarakat, lanjut dia, harus diedukasi tentang kejadian di film ini agar tidak terulang kembali gerakan-gerakan seperti ini yang bisa memeacah belahkan Bangsa dan Negara.

'Intinya kita mengajak masyarakat untuk saling menjaga dan tidak meniru hal-hal yang bisa merugikan. Sehingga tetap tentram dan damai,' ucap dia.

Sementara itu, siswa SMAN-2 Dusun Selatan, Alvin Suhendra (16) mengatakan baru pertama kali menonton film G30S/PKI. 'Cukup merinding menonton tadi. Kita berharap hal-hal seperti ini tidak terulang lagi di masa akan datang,' ucap dia. (URIUTU DJAPER/B-11)

Berita Terbaru