Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Pohuwato Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Potensi PAD Harus Digarap Maksimal

  • Oleh Naco
  • 01 Oktober 2017 - 19:00 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Ketua Komisi I DPRD Kotawaringin Timur (Kotim) Handoyo J Wibowo meminta agar pendapatan asli daerah (PAD) ditingkatkan. Terutama potensi yang belum tergarap saat ini agar digali.

"Kita minta hendakanya Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kabupaten Kotim bisa bersinergi dengan lintas organisasi perangkat daerah lainnya," kata Handoyo, Minggu (1/10/2017).

Ini penting menurut Handoyo guna memaksimalkan potensi yang ada. Salah satu sektor yang bisa digarap maksimal dalam kota ini adalah pajak reklame. Karena itu merupakan potensi jangka panjang yang menjanjikan.

"Maka dari itu mulai sekarang kesadaran dan ketertiban para pemasang reklame itu suatu keharusan," kata politisi partai Demokrat tersebut.

Lanjut Handoyo, potensi PAD yang belum tergarap itu belum bisa dikatakan merugikan daerah. Lain halnya jika potensi itu sudah dipungut namun tidak disetorkan ke kas daerah maka itu dikatagorikan merugikan keuangan daerah.

Handoyo menginginkan regulasi yang sudah ada jangan hanya sekadar jadi macan kertas saja. "Termasuk dengan Perda yang lain agar dijalankan, buat apa kita membuat Perda kalau tidak jalan," pungkasnya.

Menurutnya, Handoyo terkait pajak reklame Bapenda bisa bekerjasama dengan Dinas Penanaman Modal dan Perizinan Terpadu Satu Pintu. Sebab instansi itu salah satu leading sektor untuk urusan perizinan terpadu. (NACO/B-5)

Berita Terbaru