Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Kepulauan Aru Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Meski Jadi Beban, 3.500 Guru Honorer Tetap Diberdayakan

  • Oleh M. Muchlas Roziqin
  • 01 Oktober 2017 - 23:42 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya ' Peralihan kewenangan terhadap pengelolaan sekolah menengah umum (SMU) membawa dampak terkait nasib guru honorer atau guru kontrak.

Di Provinsi Kalimantan Tengah ada 3.500 tenaga guru honorer. Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalteng tetap memberdayakan mereka meski menjadi beban terutama mengenai anggaran.

Menjadi beban, karena pengangkatan mereka bukanlah oleh Pemprov. Sebab sebelumnya atau sebelum ada pelimpahan kewenangan, para guru ini menjadi kewenangan pemerintah kabupaten/kota.

'Ada sedikitnya 3.500 guru honorer se-Kalteng. Suka tidak suka harus kita bina untuk menjadi guru profesional, dengan cara peningkatan SDM mereka,' terang Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Provinsi Kalteng Slamet Winaryo kepada Borneonews.co,id.

Slamet juga menandaskan hal itu sebagai komitmennya untuk terus meningkatkan taraf pendidikan di Bumi Tambun Bungai ini. Dia juga meminta publik Kalteng manakala ada permasalahan yang 'menodai' jalannya misi pendidikan.

"Kami memberi maklumat kepada jajaran dinas pendidikan, bahwa seluruh aparatur sipil negara (ASN) bidang pendidikan harus siap melakukan pelayanan kepada publik dengan baik. Laporkan jika ada yang tidak pas, agar kita evaluasi dan diperbaiki,' tandasnya. (ROZIKIN/B-6)

Berita Terbaru