Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Klaten Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Camat Katingan Tengah Sarankan Pengerukan Sungai Katingan

  • Oleh Abdul Gofur
  • 02 Oktober 2017 - 21:42 WIB

BORNEONEWS, Kasongan - Sungai Katingan yang memiliki panjang lebih dari 600 km sejauh ini seringkali meluap terutama saat musim hujan. Dampaknya, banjir pun terjadi di sejumlah kawasan aliran sungai. Tahun 2017 ini saja, Sungai Katingan sudah meluap sebanyak empat kali. Yang paling terparah terjadi pada Juli 2017 dan akhir Agustus 2017.

Sejauh ini sedikitnya sembilan wilayah kecamatan yang sering terdampak banjir akibat luapan Sungai Katingan itu, mulai dari wilayah hulu hingga ke hilir.

Terkait hal ini, Camat Katingan Tengah, Hariawan menyarankan agar pemerintah melakukan pengerukan sungai. "Saya kira cara yang paling jitu untuk mengatasi banjir di sejumlah daerah di Kabupaten Katingan ini adalah mengeruk Sungai Katingan," ujarnya, Senin (2/10/2017).

Pasalnya, Sungai Katingan mulai dari bagian hulu hingga ke hilir, saat ini cukup dangkal. Bahkan saat musim kemarau atau tidak ada hujan dalam kurun sebulan, DAS Katingan sangat dangkal. Di sejumlah titik muncul gundukan pasir. Lalu lintas transportasi sungai pun trganggu.

"Akan tetapi saat kondisi penghujan DAS Katingan sudah tidak bisa lagi menampung volume air yang berlebih, akibatnya meluap dan terjadi banjir," imbuhnya. (ABDUL GOFUR/B-11)


TAGS:

Berita Terbaru