Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Pacitan Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Dua Bupati Pernah Berencana Keruk Sungai Katingan

  • Oleh Abdul Gofur
  • 02 Oktober 2017 - 18:00 WIB

BORNEONEWS, Kasongan - Dua tokoh yang pernah menjadi bupati Katingan, yaitu Duwel Rawing dan Ahmad Yantenglie, ternyata pernah berencana mengeruk Daerah Aliran Sungai (DAS) Katingan.

"Iya dulu waktu zaman Bupati Pak Duwel Rawing kabarnya ada rencana mengeruk Sungai Katingan. Saat zaman bupati dijabat Pak Ahmad Yantenglie juga ada ide melakukan pengerukan itu," kata Camat Katingan Tengah Hariawan, Senin (2/10/2017).

Namun rencana kedua mantan kepala daerah itu tidak terealisasi. "Yang jelas menurut kami untuk menanggulangi bencana banjir akibat luapan Sungai Katingan, salah satunya dengan pengerukan alur sungai," kata Hariawan.

Untuk alternatif lain, menurut dia saat ini belum ada. Pasalnya, jika air sungai sudah meluap tidak jarang rumah penduduk, terutama yang lokasinya tidak jauh dari bantaran sungai, dilanda banjir.

Meski demikian, banjir paling lama berlangsung selama tiga hari. "Tapi meski tidak berlangsung lama cukup merepotkan. Sebab warga harus menyelamatkan diri dan juga barang-barang perabotan rumah tangga," ujarnya. (ABDUL GOFUR/B-3)


TAGS:

Berita Terbaru