Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Dompu Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Bupati Marukan Sampaikan Pidato Pengantar Nota Keuangan dan R-APBD 2018

  • Oleh Hendi Nurfalah
  • 02 Oktober 2017 - 21:16 WIB

BORNEONEWS, Nanga Bulik - Bupati Lamandau, Ir. Marukan menyampaikan pidato pengantar nota keuangan dan Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (R-APBD) Tahun Anggaran 2018. Hal itu disampaikan Bupati Marukan kepada Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) kabupaten Lamandau saat Rapat Paripurna di Gedung DPRD Lamandau, Senin (2/10/2017).

Dalam pidato pengantar yang disampaikan, Marukan menyebut bahwa sejumlah pembangunan kebutuhan dasar masih tetap menjadi program prioritas di akhir masa jabatannya tahun 2018 mendatang, mulai dari bidang infrastuktur, kesehatan, pendidikan, sampai bidang pertanian.

"Arah kebijakan umum APBD TA 2018 untuk bidang infrastruktur, meliputi pembangunan dan rehabilitasi irigasi, penyediaan dan sarana air limbah, pengendalian banjir, pembangunan sarana dan prasarana air bersih pedesaan," ungkap Marukhan.

Kemudian, lanjut dia, peningkatan pembangunan jalan kabupaten-kecamatan masih menjadi prioritas, termasuk peningkatan kapasitas air bersih perkotaan, pembangunan sarana dan prasarana keagamaan, pembangunan jembatan, serta pemeliharaan pertamanan. "Pada bidang kesehatan, untuk tahun 2018 masih fokus dalam peningkatan kapasitas dan pelayanan RSUD, puskesmas, pustu dan polindes serta pencegahan penyakit seperti filariasis, Kusta, malaria dan TBC," ujarnya.

Selain itu, sambung dia, kita juga melakukan pengadaan obat-obatan dan logistik baik untuk RSUD, Puskesmas, Pustu maupun Polindes. "Sementara untuk bidang pendidikan, arah kebijakan umum APBD 2018, yakni masih berfokus pada peningkatan kapasitas serta kompetensi tenaga pendidik pada semua tingkat pendidikan (SD sampai SMP), pembangunan unit dan gedung sekolah, sampai dengan rehap rumah dinas guru," jelas Marukan.

Selain menguraikan arah kebijakan umum pembangunan tanggalan dilaksanakan pada tahun 2018, Marukan juga menyampaikan bahwa pada APBD TA 2018 pemkab memberikan dukungan anggaran untuk pelaksanaan pemilihan kepala daerah (pilkada) bupati dan wakil bupati Lamandau periode 2018-2023. "Juga, dukungan anggaran untuk pelaksanaan Lasqi (Festival Seni Qasidah Tingkat provinsi Kalteng), dimana kabupaten Lamandau menjadi tuan rumah," tukasnya.

Dari pantauan, rapat paripurna kala itu dihadiri oleh seluruh unsur pimpinan serta sebagaian besar anggota DPRD Lamandau, termasuk hadir pula Wakil Bupati Sugiyarto dan Sekda Arifin LP Umbing. (HENDI NURFALAH/B-8)

Berita Terbaru