Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Poso Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Warga Jalan Perca Dihebohkan Ular Puraca

  • Oleh Muhammad Hamim
  • 02 Oktober 2017 - 21:29 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Suasana di Jalan Perca, Kelurahan Mentawa Baru Hulu, Kecamatan Mentawa Baru Ketapang, Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim), Senin (02/10/2017) digemparkan dengan kemunculan sesosok ular besar. Bentuknya seperti ular phyton dengan panjang sekitar 1,5 meter.

Dari nama latinnya, Puraca merupakan salah satu jenis ular phyton atau dengan nama latin python breitensteini. Ular ini memiliki kulit seperti biawak, dan disebutkan tidak berbisa.

Warga yang menemukan pun langsung membunuhnya, karena takut mengganggu masyarakat dan juga memakan ternak. "Pas saya duduk di samping bengkel, melihat ada ular. Karena takut mengganggu maka saya bersama teman mengambil kayu dan memukul kepalanya hingga mati," ujar Tony, Senin (2/10/2017).

Pertama kali dilihat, mereka mengira ular tersebut merupakan jenis sanca. Namun setelah mati dan diamati dengan detail, ternyata tidak ada ciri-ciri ular sanca tersebut. Karena bentuk kepala, corak kulit dan ketebalan kulitnya, sangat berbeda.

"Saya takut anak kecil di sini jadi korban gigitan ular. Makanya saya matikan," kata Tony.

Setelah dibunuh, ular tersebut dibiarkan di tepi jalan. Wwarga yang melintas menggunakan motor banyak yang berhenti untuk melihatnya.

"Setahu saya ular puraca ini cukup kuat. Kalau badannya ditebas menggunakan parang maka akan memantul. Dibunuhnya harus dipukul di bagian kepala," kata Tony. (MUHAMMAD HAMIM/B-11)


TAGS:

Berita Terbaru