Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Lingga Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Warga Kobar Bisa Berfoto dengan Pesawat Tempur Hawk 100/200

  • Oleh Wahyu Krida
  • 04 Oktober 2017 - 15:10 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun- Pesawat tempur Hawk 100/200 yang melakukan atraksi fly pass di atas Pawai Nasi Adab yang digelar dalam rangka HUT ke 58 Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar), Rabu (4/10/2017), sukses memukau warga Pangkalan Bun.

Danlanud Iskandar Pangkalan Bun Letkol Pnb Ade Fitra menjelaskan, satu flight yang terdiri dari tiga jet tempur ini sengaja didatangkan khusus sebagai ucapan ulang tahun ke 58 Kabupaten Kobar. "Rencananya untuk HUT Kobar tahun depan, pesawat tempur ini bukan hanya melakukan fly pass saat Pawai Nasi Adab saja seperti tadi. Namun juga bisa saat pelaksanaan upacara HUT Kobar dan kegiatan pawai nasi adab," ujar Danlanud.

Selain itu, masyarakat juga bisa melihat atau malah berfoto dengan jet tempur tersebut dalam jarak dekat. "Jadi jet tempur ini sengaja diinapkan di base of Lanud Iskandar agar masyarakat bisa melihat langsung pesawat itu. Selain memeriahkan HUT Kobar, juga sebagai bahan pembelajaran bagi masyarakat mengenai alutsista yang dimiliki negara kita. Semoga hal tersebut bisa terwujud pada HUT Kobar tahun 2018 mendatang," ujar Danlanud.

Danlanud juga menyebut, salah satu dari tiga penerbang jet tempur Hawk 100/200 yang melintas di Kota Pangkalan Bun adalah Komandan Skadron Udara 1 Lanud Supadio Pontianak Kalimantan Barat yaitu Letkol Pnb Agung Indrajaya. "Selain rekan saya Letkol Pnb Agung yang dalam flight diatas langit Pangkalan Bun ini bertindak sebagai Pilot In Command (PIC) 1, ada lagi dua pilot lainnya yaitu PIC 2 Mayor Pnb Udin dan PIC 3 Mayor Pnb Amry Taufanny," jelas Danlanud.

Menurutnya tiga jet tempur yang memiliki call sign "Elang Flight" ini sengaja melakukan fly pass atau manuver kehormatan di atas ketinggian 500 feet atau 152.4 meter. (WAHYU KRIDA/B-2)

Berita Terbaru