Aplikasi Pilgub (Pemilihan Gubernur) Propinsi Kalimantan Tengah Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Ini yang Harus Jadi Acuan SOPD Gunung Mas Dalam Menyusun Anggaran 2018

  • 04 Oktober 2017 - 16:00 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kurun - Bupati Gunung Mas, Arton S Dohong saat menyampaikan sambutan pada rapat paripurna DPRD Gunung Mas, Rabu (4/10/2017) mengingatkan supaya SOPD  dalam menyusun anggaran 2018 harus didasarkan pada prinsip-prinsip sebagai berikut.

Pertama, rangkaian usulan kegiatan konsisten dengan sasaran dalam RPJMD dan renstra SOPD, kecuali ada isu strategis yang signifikan dan mendesak.

Ke-2, usulan kegiatan antar intra unit kerja harus saling memperkuat satu sala lain dan tidak tumpang tindih serta bertentangan.

Ke-3, konsisten dan sinkron dengan kegiatan sebelumnya. Artinya tidak jalan ditempat, tetapi maju mencapaibtarget visi SOPD dan daerah.

Ke-4, usulan kegiatan SOPD adalah merupakan respon terbaik terhadap masalah dan potensi faktuan terkini yang dihadapi dalam rangka mewujudkan visi SOPD dan daerah.

Ke-5, tepat dalam penempatan rekening belanja, sehingga dalam pelaksanaanya tidak perlu dilakukan pergeseran anggaran.

Ke-6, SOPD menetapkan target capaian kinerja pada setiap kegiatan yang bertujuan untuk meningkatkan akuntablitas perencanaan anggaran dan memperjelas efektivitas dan efesiensi penggunaan anggaran.

"Program dan kegiatan harus memberikan informasi yang jelas dan terukur serta memiliki korelasi langsung dan keluaran yang diharapkan dari program dan kegiatan. Ditinjau dari aspek indikator, tolak ukur dan target kinerja," katanya. (EPRA SENTOSA/B-6)

Berita Terbaru