Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Nunukan Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pengikut Aliran Diduga Sesat Diiming-imingi Kekayaan dengan Cara Ghaib

  • Oleh Muhammad Hamim
  • 04 Oktober 2017 - 23:54 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Aliran diduga sesat yang dipimpin M alias EJ alias ABJ sudah memiliki pengikut dari kalangan masyarakat. Ada beberapa kejanggalan dalam aliran yang disebutkan keluar dari syariat Islam tersebut.

Seperti yang diungkapkan, Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kecamatan Mentaya Hilir Selatan, Anwar Nuris, aktivitas EJ di Desa Jaya Karet berawal saat yang bersangkutan mengiming-imingi calon pengikutnya dengan kekayaan. Jumlah pengikutnya pun bertambah.

"Dari keterangan sejumlah pengikutnya, mereka nanti dapat membongkar emas di beberapa lokasi, di antaranya daerah Kalap (Seruyan). Istilahnya bank ghaib,' ujar Nuris, dalam rapat bersama MUI, Kemenag, tokoh agama dan lintasi instansi di Kotim, Rabu (4/10/2017).

Selain itu, EJ oleh pengikutnya disebut memiliki gelar Syech Murabbi, dan mengklaim memiliki garis keturunan Nabi Muhammad SAW.

'Bila tertarik akan dibaiat dengan 12 bai'at. Setelah jadi pengikut, akan dilakukan syukuran berupa 22 telur itik dan ketan satu talam. Aktiivtasnya meresahkan,' terang Nuris.

Sementara itu, Kepala KUA Kecamatan Teluk Sampit menyampaikan, masalah pengikut EJ ini sudah cukup lama bergejolak di Dusun Seranggas Desa Lempuyang Kecamatan Teluk Sampit. Awalnya muncul makam keramat yang tiba-tiba dibangun pengikut EJ sekitar lima bulan lalu.

'Setelah melalui dialog, akhirnya makam keramat tersebut dinyatakan palsu. Pengikutnya tidak bisa menjelaskan asal usulnya. Makam tersebut hanya karena wangsit guru, dan warga setempat juga sejak dulu tidak tahu kalau di situ ada makam,' kata dia. (MUHAMMAD HAMIM/B-11)

Berita Terbaru