Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Mukomuko Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Istri Mantan Kepala BPN Kotim juga Diperiksa Jaksa

  • Oleh Naco
  • 05 Oktober 2017 - 14:10 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Setelah memeriksa mantan Kepala BPN Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) Jamaludin Rabu (4/10/2017) sore, Kamis (5/10/2017) giliran istrinya Lina Liance juga diperiksa jaksa.

Istri Jamaludin ini diperiksa sekitar pukul 09.00 wib oleh penyidik tindak pidana korupsi kejaksaan, Arie Kesumawati di salah satu ruangan secara tertutup. "Itu lagi diperiksa istri Jamaludin," kata salah seorang penyidik Kejaksaan, Kamis (5/10/2017).

Dari informasi yang dihimpun, Lina Liance diperiksa dalam program pengadaan tanah inventarisasi penguasaan, pemilikan, penggunaan dan pemanfaatan tanan (IP4T) yang dilakukan melalui BPN Kotim.

Di mana dari sejumlah sertifikat tanah yang diterbitkan oleh BPN Kotim itu, banyak tanah yang diterbitkan atas nama pejabat BPN Kotim, termasuk atas nama Lina Liance. Sehingga itulah kini tengah ditelusuri seperti apa penerbitan sertifikat tanah yang banyak melibatkan pejabat BPN tersebut.

Termasuk nama Melkianus, salah satu pensiunan pejabat BPN Kotim yang kini terjerat tindak pidana dugaan korupsi peneriaam fee tanah beberapa waktu lalu, namanyapun kembali muncul dalam program tersebut.

Masalah inilah yang tengah ditelusuri oleh pihak Kejari Kotim, apakah ada unsur permainan dalam penerbitan surat tanah di Kotim tersebut. Sehingga banyak atas nama pejabat BPN Kotim.

Sejumlah tanah yang disebut-sebut diterbitkan atas nama sejumlah pejabat maupun keluarga oknum BPN Kotim yakni di tanah yang berada di lingkar utara yang dijual dengan harga puluhan miliar dengan PT Bianka untuk komplek perumaham.

Selain itu tanah yang berlokasi di komplek pembangunan menara PLN yang berada di lingkar utara, serta tanah yang berada di kawasan strategis lainnya yang ada di Kabupaten Kotim. (NACO/B-5)

Berita Terbaru