Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Padang Pariaman Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Meski Tak Capai Target, Realisasi Anggaran Pemkab Lamandau Diklaim Cukup Baik

  • Oleh Hendi Nurfalah
  • 05 Oktober 2017 - 16:00 WIB

BORNEONEWS, Nanga Bulik - Realisasi anggaran pemkab Lamandau hingga akhir triwulan III ternyata masih jauh dari target yang telah ditentukan sebesar 85%. Secara kumulatif realisasi keuangan Pemkab Lamandau sampai akhir triwulan III baru mencapai 51,74%, sedangkan realisasi fisik baru mencapai 55,23%.

Meski begitu, capaian tersebut diklaim masih cukup baik jika dibandingkan dengan capaian daerah-daerah lain se-Kalteng. Pada akhir Juli 2017 lalu capaian Lamandau justru berada di urutan ke-III tertinggi.

Hal itu mengemuka saat pelaksanaan Rapat Koordinasi dan Pengendalian (Rakordal) Pelaksanaan Rencana Pembangunan Triwulan III tahun 2017 di Aula kantor Bappeda, Kamis (5/10/2017) yang dipimpin langsung Wakil Bupati Lamandau, Sugiyarto.

Meski begitu, dalam kesempatannya Sugiyarto meminta agar seluruh Satuan Organisasi Pemerintah Daerah (SOPD) memacu pekerjaan fisik dan penetapan anggarannya di sisa waktu yang ada. "Kepada kepala SOPD dan juga PPTK saya minta harus sering memantau perkembangan di lapangan sehingga setiap permasalahan dan kendala dapat segera diatasi," ungkapnya.

Tidak kalah pentingnya, kata dia lagi, setiap pekerjaan yang dilaksanakan harus benar-benar memperhatikan kualitas. "Meski tidak mencapai target, realisasi anggaran Kabupaten Lamandau sampai triwulan III kemarin bisa dikatakan cukup baik, karena realisasi tersebut sudah dihitung dengan APBD Perubahan tahun ini," katanya.

Ia juga menjelaskan, dengan adanya pergeseran dan penambahan anggaran pada APBD Perubahan yang sebagian belum dilaksanakan atau dilelang, tentu akan memengaruhi penyerapan anggaran. (HENDI NURFALAH/B-2)

Berita Terbaru