Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Media Sosial Harus Digunakan untuk Hal Positif

  • 05 Oktober 2017 - 19:56 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kapuas - Ketua PWI Kapuas Sri Hayati meminta masyarakat bijak dalam menggunakan media sosial. Pasalnya, apabila media sosial disalahgunakan untuk menebarkan berita bohong (hoax) atau menebarkan ujaran kebencian (hate speech) maka pemilik akun bakal berurusan dengan aparat penegak hukum. Hal itu disampaikan Sri Hayati pada saat lokakarya (workshop) jurnalisme warga (citizen journalism) yang digelar di Aula Bappeda Kapuas, Kamis (5/10/2017).

"Kegiatan ini merupakan salah satu kegiatan untuk warga biasa, artinya bukan jurnalis agar bisa menyebarkan informasi sebagaimana jurnalis. Nah, jurnalisme warga atau citizen journalism ini berkaitan erat dengan sosial media," kata Sri.

Ia melanjutkan materi lokakarya yang disampaikan kepada peserta antara lain mengenal jurnalisme warga, teknik menulis berita dan etika jurnalis. Selain itu, ada tambahan soal pemahaman mengenai media elektronik.  "Kami berharap melalui workshop (lokakarya) jurnalisme warga ini, masyarakat bisa lebih santun dalam menggunakan sosial media, ya sosmed digunakan untuk hal-hal yang positif begitu," harapnya.

Sri juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada semua pihak yang sudah mendukung PWI Kapuas khususnya Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kapuas, Bupati Kapuas Ben Brahim S Bahat dan masyarakat yang menjadi peserta. "Satu hal yang terpenting dari kegiatan ini, agar masyarakat tidak mudah mengunggah informasi yang bisa membuat mereka berurusan dengan aparat penegak hukum," tegas dia. (DJIMMY NAPOLEON/B-8)

Berita Terbaru